UKM Indonesia, Better Go Digital Now: Interview dengan Nayoko Wicaksono, CEO Seekmi.com

Nayoko Wicaksono merupakan Co-Founder dan CEO dari Seekmi.com. Seekmi adalah situs yang mempertemukan user dengan para penyedia jasa profesional sesuai dengan kebutuhan user. Ide membuat Seekmi.com baru terlintas oleh Nayoko sekitar tiga bulan lalu, dan tidak disangka ide bisnisnya tersebut langsung disambut baik dan langsung mendapat investment oleh Justin Kan, partner Y Combinator.

Nayoko sebelumnya pernah bekerja di Zalora pada tahun 2011 sebagai tim awal yang membangun Zalora dari bawah, lalu tahun 2012 Nayoko pindah ke Lakupon.com, lalu ke KMK online sebagai early team member. Keinginannya membangun perusahaan terinspirasi dari perusahaan Amerika, Thumbtack. Seekmi dibuat untuk memecahkan masalah-masalah yang dialami oleh UKM dan memecahkan misi bagaimana teknologi dapat membantu UKM.

Bicara tentang ekosistem UKM di Indonesia, Nayoko mengatakan bahwa banyak sekali ide-ide bisnis dari orang-orang di Indonesia yang tidak dianggap. Hal itu dikarenakan investor-investor di Indonesia masih berpikir tradisional. “Kultur di Indonesia itu menganggap bahwa jika Anda gagal, maka Anda tidak bisa bangkit lagi. Berbeda dengan di Amerika misalnya, yang menganggap bahwa jika Anda gagal, itu adalah sebuah proses dan mereka akan dengan cepat bangkit lagi,” kata Nayoko.

Hal yang benar menurut Nayoko seharusnya jika Anda gagal dan Anda belajar dari kegagalan tersebut, maka Anda bisa meraih kesuksesan. Selain itu, masalah sulitnya para mahasiswa Indonesia melakukan internship juga disesalkan oleh Nayoko. Perusahaan-perusahaan di Indonesia seharusnya bisa lebih membuka diri dan membantu para mahasiswa Indonesia untuk bisa mendapatkan pengalaman emas ini. Karena menurutnya, pengalaman yang didapatkan oleh mahasiswa selama masa internship dapat menghasilkan startup-startup sukses di masa depan.

Ditanya mengenai investment yang didapatkan dari Justin Kan, partner Y Combinator, Nayoko mengatakan bahwa sangat beruntung dan senang bisa mendapatkan investment tersebut, “Senang, relieved, dan saat ini kita sedang fokus ke user acquisition kita dan fokus menangani feedback-feedback untuk membangun Seekmi menjadi lebih baik.”

Baca juga:  5 Skill Wajib Bagi Pemilik Bisnis Online

Nayoko juga memberikan beberapa saran untuk para UKM dan startup di Indonesia:

Untuk UKM, saran saya tentunya manfaatkan Seekmi.com, karena kami yakin kami dapat membantu para UKM. Untuk UKM yang saat ini belum masuk ke digital, sebaiknya segera masuk ke digital karena lihat saja anak-anak muda saat ini, semua sudah beralih ke digital, kalau kita tidak menanggapi hal ini dengan serius, akan sayang sekali nantinya.

Untuk startup di Indonesia yang dari tech sector: keep it up, don’t fail, keep doing what you do, and even if you fail, keep trying. Karena startup pasti get frustrated setiap hari, tapi jangan khawatir, ambil pelajaran dari apa yang salah dan kalau kita bisa terus keep going dan akhirnya berhasil, that’s the sweetest feeling ever.

Video wawancara selengkapnya dengan Nayoko dapat dilihat di bawah ini:

Sumber: http://startupbisnis.com/ukm-indonesia-you-better-go-digital-now-interview-dengan-nayoko-wicaksono-ceo-seekmi-com/

TDA Balikpapan

TDA Balikpapan adalah komunitas pengusaha yang berada di Kota Balikpapan. Beranggotakan mulai dari pengusaha kawakan, pengusaha amatiran, pencari usaha, karyawan dan pengangguran. Siapa saja yang punya komitment untuk maju dan sukses bersama-sama bisa bergabung di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *