Pentingnya Identitas Penjual dalam Bisnis Online

 Pentingnya-Identitas-Penjual-dalam-Bisnis-Online
Bisnis online saat ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, selain karena kemudahan bertransaksi, bisnis online juga tidak membutuhkan biaya yang banyak. Terlebih saat kita berjualan online di sosial media atau marketplace yang sudah disediakan secara gratis. Ini lebih murah dibandingkan jika Anda harus membeli sebuah website dan nama domain untuk toko online Anda. Tapi tahukah Anda, jika Anda berjualan di sosial media dan marketplace, Anda harus bekerja keras dalam membangun brand atau identitas Anda sendiri. Ini sedikit lebih sulit, dibanding dengan menggunakan website toko online pribadi Anda sendiri. Proses branding Anda juga lebih rumit karena tidak ada yang bisa menggambarkan siapa diri Anda sebagai pemilik barang yang dijual. Padahal mengenalkan identitas Anda sebagai penjual akan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan rasa percaya pelanggan terhadap Anda. Lalu bagaimana caranya mengenalkan identitas kita sebagai penjual kepada pembeli itu?

1. Nama toko online

Saat Anda memilih berjualan di sosial media atau marketplace, tentu Anda akan mencantumkan nama Anda atau nama toko Anda sebagai sebuah identitas kepada para calon pembeli Anda. Identitas ini akan dikenal dan diingat oleh pelanggan Anda. Buatlah sebuah nama atau identitas diri Anda yang jelas dan dengan benar. Karena ini akan menciptakan suatu penilaian bagi calon pelanggan Anda. Identitas ini juga akan menciptakan rasa percaya ketika mereka ingin membeli produk Anda.
Beda kasusnya ketika Anda sudah memiliki website toko online sendiri. Nama domain, logo website dan tagline di website Anda akan menjadi identitas pertama Anda. Ini akan terlihat lebih profesional karena Anda bisa mematenkan nama domain hingga nama produk atau bisnis Anda sendiri. Dan jika Anda berjualan di sosial media atau marketplace, masih ada kemungkinan jika produk atau nama Anda dicontek oleh orang lain.

2. Foto produk

Siapa sangka, foto produk juga bisa menciptakan penilaian terhadap identitas penjual. Selain nama toko atau nama produk, foto juga menjadi identitas suatu toko online. Karena saat pembeli melihat foto produk, ia akan langsung tahu produk tersebut milik siapa. Ini berlaku bagi Anda yang mencantumkan sebuah watermark di dalam foto tersebut. Berikan sedikit identitas, baik berupa nama, logo ataupun watermark tersebut.

3. Deskripsi produk

Keunikan dari sebuah produk bisa ditunjukkan dari deskripsi yang ia berikan. Deskripsi produk yang berbeda dari biasanya juga akan menjadi identitas seorang penjual. Di dalam deskripsi produk ini, Anda bisa mencantumkan sebuah kata kunci atau sebuah kata yang unik dan itu bisa menjadi identitas produk Anda.

4. Interaksi dengan pembeli

Senjata ampuh yang bisa dilakukan untuk membentuk identitas penjual terhadap pembeli toko onlinenya adalah interaksi yang ia lakukan terhadap pembeli. Toko online memang berbeda dengan toko fisik dalam hal promosi, berjualan hingga berhadapan dengan pelanggan. Toko online akan lebih mengutamakan peningkatan layanan terhadap pelanggan, karena ini akan menciptakan suatu penilaian di hati setiap pelanggan. Interaksi yang terbentuk antara penjual dan pembeli toko online juga akan membentuk suatu identitas dari penjual itu sendiri.
Menyapa pelanggan toko online juga tidak harus selalu formal. Anda tentu pernah mendapat sapaan “sis” atau “gan” saat berinteraksi dengan penjualan toko online. Ini adalah salah satu yang bisa digunakan untuk menyapa pelanggan Anda. Mereka akan menganggap Anda sebagai pemilik toko online yang ramah dan unik. Identitas yang cukup mudah bukan?

5. Kualitas produk

Selain empat kunci diatas, ada satu lagi yang tidak bisa ditinggalkan, yaitu kualitas produk yang Anda jual. Kualitas produk akan membentuk penilaian dan identitas di hati pembeli Anda. Anda bisa saja memajang foto paling bagus, dan deskripsi yang meyakinkan, tapi ketika pelanggan Anda kecewa dengan kualitas produk Anda, itu akan membentuk identitas yang sangat tidak diharapkan oleh Anda sebagai penjual. Namun jika Anda menjual produk yang unik dan berbeda dengan kualitas baik, bisa dipastikan pelanggan akan mudah mengingat toko online Anda. Kesuksesan toko online bisa dinilai dari kualitas produk dan kualitas layanan yang diberikan.
Baca juga:  Franchise Indonesia Payah

TDA Balikpapan

TDA Balikpapan adalah komunitas pengusaha yang berada di Kota Balikpapan. Beranggotakan mulai dari pengusaha kawakan, pengusaha amatiran, pencari usaha, karyawan dan pengangguran. Siapa saja yang punya komitment untuk maju dan sukses bersama-sama bisa bergabung di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *