Menjiplak Strategi Xiaomi Untuk Bisnis Anda

Menjiplak Strategi Xiaomi Untuk Bisnis Anda

Dalam penjualan pertamanya di Indonesia kemarin melalui sebuah website e-commerce, smartphone Xiaomi berhasil menjual 5000 unit hanya dalam 7 menit. Xiaomi menjadi sangat popular di Tiongkok dan dunia bahkan mengalahkan penjualan Samsung di Tiongkok. Ini menempatkan mereka diantara 5 brand smartphone yang sedang mendominasi pasar saat ini antara lain Samsung, Apple, Huwaei, dan Lenovo. Strategi pemasaran apa saja yang dilakukan Xiaomi dan apa saja yang bisa Anda aplikasikan pada bisnis Anda?

Xiaomi dikenal dengan ‘Applenya Negeri Tiongkok’. Terinsipirasi dari Apple, Xiaomi yang berbasis Android membuat tampilan muka bernama MIUI mirip dengan iOS. Begitu juga euforia saat peluncuran produknya, didramatisir dan dipenuhi penggemar yang menantikannya. Namun ini menjadi kelebihan tersendiri bagi Xiaomi. Dengan fitur dan teknologi yang sama-sama berkualitas, orang-orang di negeri Tiongkok dapat membeli Xiaomi dengan harga sepertiga Apple.

Apa yang menyebabkan harganya begitu murah? Salah satunya karena menggunakan viralitas sosial media. Ini membuat mereka sangat berhemat dengan biaya iklan. Presiden Xiaomi, Lin Bin pernah posting foto dengan membubuhi tulisan promosi produk Xiaomi, lalu di-share lebih dari 2 juta kali dan dikomentari 900 ribu kali. Dari momen ini, diklaim membuat 150 ribu unit Xiaomi terjual dalam 10 menit.

Terlihat juga bahwa Xiaomi menerapkan hunger marketing. Yaitu saat publisitas tersebar luas, jumlah produk yang dijual justru terbatas, sehingga kembali lagi menjadi bahan pembicaraan banyak orang di internet. Jika dulu di masa-masa awal, produk memang tidak sebanyak permintaan pasar, tapi rasanya kini hanya diskenariokan.

Ditambah lagi Xiaomi tidak memiliki toko retail offline. Semua dijual melalui online. Ini juga yang membuat harga produk Xiaomi dapat ditekan, karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk toko dan pegawai. Karena hanya dipasarkan melalui online, yang perlu diperhitungkan hanyalah ongkos pengiriman saja.

Baca juga:  Empat Tipe Orang yang Tidak Cocok Menjadi Pengusaha

Keunggulan lain Xiaomi dalam memenangkan pertarungan smartphone, karena mereka memiliki forum khusus untuk pengguna yang membernya sudah menembus angka 28 juta dengan lebih dari 200 juta posting. Ini memudahkan Xiaomi untuk cepat update dalam mengembangkan produk terbarunya sesuai dengan keinginan konsumen.

Apa yang dapat kita pelajari dari strategi Xiaomi untuk diterapkan pada bisnis Anda? Berikut adalah diantaranya:

  1. Menjadi berbeda dan kompetitif. Anda harus memiliki differensiasi produk yang jelas diinginkan konsumen. Untuk apa membuat sesuatu yang berbeda namun tidak ada yang membutuhkannya.
  2. Touch your customer. Sentuhlah sisi pribadi mereka sehingga merasa dispesialkan. Salah satu keunggulan Xiaomi adalah adanya fitur tampilan seccara keseluruhan  yang bisa di-custom oleh masing-masing pemilik sehingga menjadi unik.
  3. Perkuat pemasaran online. Manfaatkan internet dan social media, karena terbukti jauh lebih hemat dan efektif dalam memasarkan produk.
  4. Manfaatkan komunitas. Manfaatkan group atau forum online yang akan menciptakan komunitas yang solid terhadap brand tersebut. Respon mereka juga memudahkan Anda untuk menentukan produk yang tepat untuk konsumen.

Disalin dari http://netpreneur.co.id/menjiplak-strategi-xiaomi-untuk-bisnis-anda/

TDA Balikpapan

TDA Balikpapan adalah komunitas pengusaha yang berada di Kota Balikpapan. Beranggotakan mulai dari pengusaha kawakan, pengusaha amatiran, pencari usaha, karyawan dan pengangguran. Siapa saja yang punya komitment untuk maju dan sukses bersama-sama bisa bergabung di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *