Menguak Isi Kepala Angel Investor

Menguak-Isi-Kepala-Angel-Investor

 

Dalam serial ini, kami akan membahas tentang bagaimana cara mendapatkan investasi. Sebelum melangkah lebih jauh, kami akan memberitahu Anda tentang apa yang dimaksud dengan angel investor ini. Biasanya di dalam dunia bisnis atau start-up, sering kali Anda mendengar angel investor atau venture capital. Nah, sebenarnya apa yang dimaksud dengan angel investor dan venture capital ini?

Angel investor adalah perorangan yang menginvestasikan dana pribadi mereka pada bisnis atau start-up. Biasanya angel investor ini menginvestasikan pada tahap awal bisnis atau start-up, tetapi tidak jarang juga angel investor menginvestasikan pada tahap lanjut ketika bisnis sudah berjalan. Dan, nilai investasi dari angel investor biasanya tidak lebih besar dari venture capital.

Sedangkan venture capital adalah perusahaan investasi yang menggunakan dana dari individual. Sistem kerja venture capital ini adalah ketika sudah menemukan pebisnis atau start-up yang siap didanai, mereka akan menawarkan kepada para investor yang tergabung di venture capital tersebut. Untuk pendanaan, venture capital ini biasanya akan mendanai ketika bisnis atau start-up sudah berjalan.

Nah, sudah tahu sedikit kan tentang angel investor dan venture capital. Sekarang kami akan membahas tentang beberapa hal yang harus entrepreneur ketahui tentang angel investor dan bagaimana cara mendapatkan investasi dari mereka.

Ada 6 hal penting yang dilihat oleh para angel investor

Ketika seorang atau beberapa angel investor mulai tertarik dengan bisnis atau start-up Anda, mereka akan melakukan “investigasi” secara mendetail. Diantaranya adalah:

  • Integritas, passion, komitmen dan intergritas sang pendiri. Mereka akan melihat bagaimana sifat dan kemampuan dari pendiri. Karena pendiri adalah cerminan dari bisnis atau start-up yang mereka dirikan.
  • Potensi market. Ini sudah mutlak, para angel investor akan melihat bagaimana potensi market dari bisnis atau start-up yang Anda dirikan.
  • Sangat berdasar pada business plan. Para angel investor akan lebih banyak melihat business plan Anda, kenapa? Karena di dalam business plan tersebut sudah terlihat bagaimana kemungkinan bisnis Anda bisa maju atau tidak. Maka dari itu, Anda harus imempunyai business plan yang sangat kuat.
  • Teknologi yang digunakan dan potensi lokal. Para angel investor ini juga akan memperhitungkan teknologi apa yang akan Anda gunakan dan apakah Anda memanfaatkan potensi lokal atau intellectual property.
  • Anda bisa mentaksir nilai bisnis Anda secara wajar.
  • Kemungkinan pendanaan lebih lanjut.

Ada 4 hal yang angel investor ingin lihat pada diri Anda

Angel investor akan melihat 4 hal dari diri Anda secara pribadi. Ini dilakukan oleh para angel investor agar mereka lebih percaya sebelum menginvestasikan dananya. Pertama adalah bagaimana cara Anda mempresentasikan bisnis model Anda. Lalu bagaimana Anda membuat executive summary, executive summary adalah rangkuman business plan Anda.

Contoh produk Anda, tidak mungkin Anda presentasi di depan angel investor tetapi tidak memliki contoh produk. Lalu yang terakhir adalah, angel investor ingin melihat para pelanggan Anda. Kenapa? Karena mereka tidak ingin produk Anda ini tidak memliki calon pelanggan. Berilah testimoni dari beberapa pelanggan pertama tentang produk Anda. Salah satu cara mendapatkan investasi paling ampuh adalah menunjukkan bahwa produk Anda sudah punya pelanggan yang setia, dan banyak!

Beberapa pertanyaan keuangan untuk Anda

  1. Berapa dana yang Anda inginkan?
  2. Sampai kapan dana tersebut Anda gunakan?
  3. Pengeluaran bulanan Anda?
  4. Apakah Anda mempunyai detail pengeluaran finansial secara detail untuk 2 tahun kedepan?
  5. Apakah ada pendanaan khusus untuk produk Anda?

Beberapa pertanyaan tentang marketing yang harus Anda antisipasi

  1. Bagaimana strategi marketing yang akan dilakukan oleh perusahaan Anda?
  2. Strategi PR?
  3. Bagaimana Anda mengolah sosial media?
  4. Bagaimana Anda memanfaatkan para pelanggan Anda?
  5. Jenis iklan yang Anda jalankan?

Ini pertanyaan untuk Anda tentang team management

  1. Siapa saja founder bisnis Anda?
  2. Apakah Anda membutuhkan karyawan tambahan dalam waktu dekat?
  3. Apakah team Anda sekarang sudah pas sesuai dengan business plan?
  4. Berapa banyak karyawan Anda sekarang?
  5. Apa motivasi para founder?
  6. Rencana tentang penambahan karyawan 1 tahun mendatang?

Cara menarik hati para angel investor melalui email

Ada beberapa kisah dari angel investor yang mendapatkan banyak sekali email dari para entrepreneur. Dan ternyata, banyak sekali juga email tersebut yang tidak digubris atau dibaca sekalipun. Nah, ini beberapa tips agar email Anda dibaca para angel investor.

  1. Dari mana Anda mendapatkan email para angel investor. Ini penting, karena para angel investor biasanya tidak serta merta membagi-bagikan email secara cuma-cuma.
  2. Berikan poin-poin penting yang bisnis Anda sudah capai, dan masalah yang Anda ingin pecahkan. Khususnya pendanaan.
  3. Berikan juga kelebihan para founders, kemampuan dan pengalaman.
  4. Berikan attachment executive summary dan slide presentasi tentang bisnis Anda.

Tipe-tipe bisnis atau start-up yang akan ditolak para angel investor

  • Potensi market yang terlalu kecil
  • Founder tidak memiliki passion yang kuat
  • Email yang tidak jelas, biasanya email yang tidak menyertakan referral
  • Strategi finansial yang tidak masuk akal, biasanya dibiki secara asal-asalan
  • Lokasi angel investor dan bisnis terlalu jauh
  • Para investor tidak yakin dengan produk atau service Anda
  • Tidak yakin bahwa bisnis Anda akan bersaing dengan para kompetitor

Bagaimana Anda menemukan angel investor di Indonesia?

Ini sebenarnya yang ditunggu-tunggu kan? Bagaimana Anda bisa mendapatkan atau menemukan para angel investor ini. Di Indonesia sendiri tidak banyak angel investor yang terang-terangan menyebut dirinya angel investor. Nah, untuk itu ini ada beberapa contoh para “angel investor”

  • Biasanya para entrepreneur sangat menyukai dengan ide bisnis. Para entrepreneur yang sudah sukses ini tidak akan segan-segan untuk mengeluarkan uangnya untuk investasi.
  • Pengacara, akuntan atau orang kaya lainnya.
  • Venture Capital. Venture Capital di Indonesia jumlahnya sangat banyak, mulai CyberAgent, Moutain SEA, Grupara Inc, Ideosource, East Ventures dan banyak lagi.
  • Angel List, bisa lihat di https://angel.co/indonesia/investors

Disalin dari: http://studentpreneur.co/

TDA Balikpapan

TDA Balikpapan adalah komunitas pengusaha yang berada di Kota Balikpapan. Beranggotakan mulai dari pengusaha kawakan, pengusaha amatiran, pencari usaha, karyawan dan pengangguran. Siapa saja yang punya komitment untuk maju dan sukses bersama-sama bisa bergabung di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *