Lupakan SEO & Segera Buka Toko

Beberapa hari yang lalu saya baca berita yang bikin kaget padahal sebetulnya biasa aja sih. Dituliskan kalau toko pakaian terbesar matahari membikin marketplace fashion terbesar se Asia Tenggara namanya mataharimall dengan budget $500juta.

Matahari membawa konsep O2O artinya Offline to Online atau Online to Offline. Belanjanya online dan barangnya ambil di toko terdekat atau bayar di toko tersebut. Ritel modern Alfa melayani penjualan online dengan sistim yang kurang lebih sama, transaksi lewat online dan barang bisa dikirim atau diambil di toko terdekat. Ini saya bukan mau promo produk mereka tapi jadi mikir berkali-kali, perusahaan raksasa seperti matahari dan alfa yang mudah sekali diakses sampai ke pelosok ternyata aware dengan toko online dan mereka masuk dengan serius ke industri online biarpun bisnisnya secara offline tidak usah diragukan lagi omsetnya.

Dalam suatu sesi workshop Digital Marketing atau ngobrol santai, sering saya temui teman-teman pebisnis yang tidak mau masuk di bisnis online dengan alasan produknya tidak cocok di-online-kan, produknya hanya bisa didapat pas ngelapak aja atau pas offline. Padahal sebetulnya mau tidak mau mereka harus masuk ke online, bikin website lalu produknya diiklankan lewat online. Saya yakin semua produk pasti bisa dijual lewat internet hanya saja menggunakan strategi yang berbeda tergantung target market dan besaran kapasitas produknya.

Kalau ngeliat Alfa yang serius bikin toko online padahal mereka gampang diakses, seharusnya kita waspada kenapa mereka sampai tertarik masuk bisnis online, ada apa dan strategi apa yang dilakukan? Kalau Alfa bisa berarti warung kelontong deket rumah kita juga pasti bisa, produknya sama dan kalau harga mahal sedikit pasti konsumen juga nggak tau apalagi kalau dijejalin puluhan produk yang terpampang di monitor yang membuat kita gagal fokus memilihnya.

Baca juga:  Lakukan lebih baik dari yang ditugaskan!

Bikin bisnis online itu simple, cukup beli domain lalu bikin web yang berbayar atau pakai gratisan dulu juga bisa. Kalau punya web tapi tidak bisa ditemukan sama pembeli apa gunanya? Pertanyaan seperti itu banyak juga ditanyakan dan jawabnya gampang. Rajin-rajin aja di-update webnya secara benar maka suatu saat webnya akan naik di halaman 1 dan jadi mudah ditemukan konsumen, cara ini sudah terbukti selama bertahun-tahun.

So, masih nggak mau buka bisnis online? Masih terlena menggunakan cara offline? Dunia sudah berubah, zaman sudah berubah, mereka yang mengikuti perubahanlah yang akan bisa bertahan. Lupakan SEO (Search Engine Optimization) dan segera buka toko.

Salam sukses dunia akhirat.

Rawi Wahyudiono.
Direktur Pesta Wirausaha TDA 4.0
rawiwahyudiono.com

Sumber: http://www.tdajakut.com/

TDA Balikpapan

TDA Balikpapan adalah komunitas pengusaha yang berada di Kota Balikpapan. Beranggotakan mulai dari pengusaha kawakan, pengusaha amatiran, pencari usaha, karyawan dan pengangguran. Siapa saja yang punya komitment untuk maju dan sukses bersama-sama bisa bergabung di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *