Kenapa Bisnis UMKM Susah Maju

Kenapa bisnis UMKM susah maju?

Biasanya jawaban termudahnya adalah Modal Terbatas!!

Kemudian pertanyaan nya… Apabila dia di kasih modal sejumlah yang dia mau, apakah langsung maju? Klu maju, majunya seperti apa?!

Baiklah, mari kita liat. Bahwasanya modal (uang) itu penting, iya. Tapi menurut saya justru yang lebih penting dari uang adalah KREATIFITAS…

Jika 2 UMKM di kasih modal sejumlah yang sama. Apakah mereka akan maju dengan kecepatan yang sama?! Tentu berbeda, tergantung “keberuntungan”. Kenapa keberuntungan dikasih tanda kutip?! Iya. Karena keberuntungan yang sebenarnya, berbanding lurus dengan usahanya.

Jadi….

Kesimpulannya ada banyak hal selain uang yang bisa memajukan suatu usaha. Jadi (lagi) tidak selalu jawaban kenapa UMKM tidak maju2 karena faktor modal.

Jadi apa?!

Mari kita kupas satu2….

  1. Faktor pengetahuan
  2. Faktor ketrampilan
  3. Faktor lain..

Saia ga tertarik membahas faktor pengetahuan dan ketrampilan. Faktor pengetahuan bisa didapat dari gugel, ketrampilan ya tinggal jam terbang nya aja ditambah.

FAKTOR LAIN

Apa itu?! entah lah, mungkin karena saia bingung bikin istilah. namai aja faktor lain #ngekek

Jadi gini….

UMKM seringkali punya idealisme yang super BESAR. Semua dia rancang dari mulai beli bahan, trus produksi, terus memasarkan. Kita berandai2 suatu saat produk saya akan BESAAAR dan menguasai bidang bisnis ini…

PADAHAL faktanya…

Produksi saja memerlukan pemikiran – waktu – tenaga – dan biaya yang cukup besar

Pemasaran juga sama… Apalagi klu sudah mulai branding.. Malah effortnya dan sumber daya yang dipakai bisa lebih besar dari produksi..

Hasilnya? Kita akan kehabisan waktu – tenaga – uang sebelum bisnis kita besar….

Coba klu kita bersinergi… Kita CUKUP PRODUKSI saja, atau CUKUP MEMASOK BAHAN BAKU saja, atau Pengemasan saja, atau.. MEMASARKAN saja….

Baca juga:  UKM Indonesia, Better Go Digital Now: Interview dengan Nayoko Wicaksono, CEO Seekmi.com

Pasti kita akan membesar dengan memakai resources yang lebih sedikit…. Biarlah saya produksi thok trus di kemas dengan nama orang lain, biarlah saya yang punya nama dipasarkan secara profesional oleh oranglain, dan biarlah saya memasarkan produk orang lain….. Mungkin BIARLAH BIARLAH itu justru akan memBESARkan kita, daripada HARUS HARUS tapi tetap KERDIL.

Ayo bersinergi!!!

Sumber: https://www.facebook.com/ekojulipurwanto/posts/10206564980921679

TDA Balikpapan

TDA Balikpapan adalah komunitas pengusaha yang berada di Kota Balikpapan. Beranggotakan mulai dari pengusaha kawakan, pengusaha amatiran, pencari usaha, karyawan dan pengangguran. Siapa saja yang punya komitment untuk maju dan sukses bersama-sama bisa bergabung di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *