Cara Mengundurkan Diri Tanpa Merusak Jaringan Profesional Anda

Cara-Mengundurkan-Diri-Tanpa-Merusak-Jaringan-Profesional-Anda

Meninggalkan pekerjaan anda saat ini untuk alasan apapun tentunya adalah keputusan yang sangat besar untuk dibuat. Entah karena anda tidak lagi merasa bahagia dengan pekerjaan anda, atau karena anda ingin mengejar kesempatan yang lebih baik, selalu menjadi ide yang baik untuk pergi tanpa meninggalkan kesan buruk. Jika anda stuck di situasi yang sama dan berpikir untuk menulis surat pengunduran diri, tunggulah sampai anda membaca habis artikel ini sebelum anda membuat keputusan akhir.

Matangkan Rencana

Langkah pertama untuk membuat kepergian anda selancar mungkin adalah dengan mematangkan perencanaan karir anda. Ambillah waktu yang anda butuhkan untuk menimbang pilihan dan pikirkanlah keputusan anda. Mintalah cuti beberapa hari jika diperlukan. Gunakan waktu tersebut untuk berpikir apakah meninggalkan kantor anda adalah pilihan yang tepat. Bercerminlah pada kejadian dimana anda merasa lebih senang atau lebih sedih selama mengerjakan pekerjaan anda. Pikirkanlah kejadian mana yang meninggalkan kesan paling mendalam. Jika kenangan menyenangkan lebih banyak muncul, maka anda sudah punya jawabannya. Lebih baik anda menahan diri untuk menulis surat pengunduran diri anda jika anda masih ragu-ragu, hal ini akan mencegah anda untuk membuat keputusan yang salah hanya karena emosi sementara.

Buatlah Draft

Tulislah salinan draft dari surat pengunduran diri anda, draft tersebut harus juga disertai daftar yang mendetail dari alasan anda untuk mengundurkan diri. Jangan membicarakan apa yang terjadi di masa lalu terlalu sering. Fokuslah pada rencana anda dan jelaskan bagaimana pentingnya keputusan ini dalam membantu anda untuk meraih keinginan anda. Menulis surat pengunduran diri sama dengan menulis CV, tulislah beberapa draft dan baca ulang apa yang telah anda tulis sebanyak-banyaknya. Jika anda melihat ada kata-kata di surat tersebut yang kurang enak dibaca, tulislah ulang. Print-lah surat tersebut di atas kertas dan berikan secara langsung kepada bos anda daripada mengirimkannya lewat email, memberikan secara langsung adalah hal yang benar untuk dilakukan dan lebih sopan.

Baca juga:  Bangkrut Dalam Bisnis? Ayo Baca Ini Baik-Baik!

Bicarakan Kepada Atasan

Cara paling mudah agar tidak meninggalkan kesan buruk dengan perusahaan anda saat ini adalah dengan merencanakan pertemuan dengan bos agar anda bisa membicarakan tentang pengunduran diri anda. Gunakanlah waktu ini untuk membicarakan poin-poin yang mungkin telah anda buat di surat pengunduran diri anda dan juga alasan-alasan lain yang anda punya untuk mengundurkan diri. Ingatlah untuk bersikap fleksibel selama pertemuan itu. Jika bos anda meminta untuk menunda pengunduran diri anda, pikirkanlah baik-baik dan cobalah untuk menerima permintaannya, jika anda bisa. Hal ini akan membantu anda untuk bisa keluar dari perusahaan secara baik-baik dan memastikan anda untuk mendapatkan referensi positif dari calon-mantan-bos anda di masa depan. Dunia korporasi itu cenderung kecil, maka penting untuk meninggalkan perusahaan anda dengan membawa kesan positif karena hal ini akan sangat membantu anda untuk mendapatkan pekerjaan di masa depan.

Setelah bagian yang tersulit ini terlewati, anda bisa melanjutkan karir anda tanpa harus membawa beban pekerjaan dari masa lalu bersama anda. Menulis surat pengunduran diri bisa jadi sulit, tapi hal tersebut diperlukan agar karir anda dapat maju tanpa terlalu banyak masalah. Semoga beruntung dalam perjalanan anda!

Sumber: http://id.jobsdb.com/ID/EN/Resources/JobSeekerArticle/tips_cara_mengundurkan_diri_tanpa_merusak_jaringan?ID=1366

TDA Balikpapan

TDA Balikpapan adalah komunitas pengusaha yang berada di Kota Balikpapan. Beranggotakan mulai dari pengusaha kawakan, pengusaha amatiran, pencari usaha, karyawan dan pengangguran. Siapa saja yang punya komitment untuk maju dan sukses bersama-sama bisa bergabung di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *