Arfan Makkulau: Developer Property Balikpapan

Arfan Ivan Makkulau merantau dari Makassar ke Kota Minyak pada tahun 2009. Mulanya hanya untuk mengembangkan bisnis Multi Level Marketing (MLM) yang ia tekuni di Kota Angin Mamiri tersebut. Karena saat itu ia melihat perekonomian di Balikpapan sangat subur dan berkembang pesat. Tetapi keinginannya pupus, melihat animo masyarakat Balikpapan terhadap bisnis MLM tersebut yang rendah.

Mengawali bisnis perumahan merupakan ujian bagi Arfan. Modal untuk memulainya hanya Rp 20 juta, itu pun utang. Arfan mengaku, menjadi pengembang perumahan adalah kecelakaan. “Sebelum ini, saya mencoba merintis bisnis suplier ikan. Gara-gara beberapa kali ikut workshop dan seminar bisnis properti, akhirnya kena virus jadi pengusaha perumahan” candanya.

Namun ‘kecelakaan’ itu berubah menjadi berkah. Pada 2013, Arfan bisa membukukan keuntungan mendekati 200 juta rupiah. Pada 2014, dengan modal Rp 50 juta Arfan bisa mencapai untung sekitar Rp 300 juta. “Jangan Serakah dan Selalu Bekerja Sama“. Arfan Ivan Makkulau percaya betul jika kalimat itu adalah perinsip utama dalam berbisnis. Terbukti dari situlah ia dapat membukukan omzet yang cukup fantastis┬ámelalui bisnis propeti.

Arfan punya ciri khas dalam membangun perumahan. Salah satunya Kintamani Luxury Cluster yang berlokasi di KM 3.5 Jalan Soekarno Hatta Balikpapan (depan Gedung Biru Kaltim Post). “Saya pilih desain minimalis modern Bali, karena pulau tersebut sangat terkenal di Indonesia.” kata Arfan. “Kalau murni desain rumah Bali perlu biaya tinggi. Tetapi ketika dipadukan dengan gaya minimalis modern, harganya bisa ditekan menjadi lebih efisien.”

Sebagai direktur PT. Rivan Karya Abadi, Arfan memaparkan beberapa alasan orang membeli rumah baru. Selain sebagai investasi, lokasi rumah juga menentukan percepatan kenaikan nilai investasi tersebut. “Bandingkan, kalau kita beli tanah di sini (dalam kota) sama di daerah kilo banyak sana (sambil menunjuk arah luar kota). Mungkin 50 juta cuma dapat 5×10 meter, tapi kalau di sana bisa hektar. Tapi setahun lagi, tanah yang disini harganya bisa naik 2 sampai 3 kali. Kalau yang di sana belum tentu tinggi kenaikannya.” Tuturnya. “Itu juga kalau gak kena gusur tambang”.

Baca juga:  Chairul Tanjung: Langkah-langkah Merekrut Karyawan

“Kita selalu menekankan sisi tersebut saat mau develop perumahan. Lokasi yang kita pilih harus memiliki “masa depan” cerah.” kata Arfan. “Bila ingin tanya-tanya soal produk PT. Rivan Karya Abadi, langsung sama marketing aja ke 08115900319,” tambahnya.

Demi memperluas wawasan dan jaringan bisnis, Arfan bergabung dengan Komunitas Tangan Di Atas (Balikpapan) pada tahun 2012. “Sebuah komunitas bisnis yang menurut saya berbeda dengan komunitas bisnis yang lain. Saat komunitas bisnis lainnya mengedepankan profit dan berorientasi pada uang dan materi, yang saya dapatkan di TDA adalah pengembangan karakter dan spiritualitas yang mendasari seseorang berbisnis. Dengan semangat berbagi yang tinggi, TDA mengajarkan pada anggotanya untuk menjadi wirausahawan tangguh yang mencerahkan dan memiliki kontribusi positif bagi peradaban.” Tukas Arfan.

TDA Balikpapan

TDA Balikpapan adalah komunitas pengusaha yang berada di Kota Balikpapan. Beranggotakan mulai dari pengusaha kawakan, pengusaha amatiran, pencari usaha, karyawan dan pengangguran. Siapa saja yang punya komitment untuk maju dan sukses bersama-sama bisa bergabung di sini.

One thought on “Arfan Makkulau: Developer Property Balikpapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *