5 Skill Wajib Bagi Pemilik Bisnis Online

5 Skill Wajib Bagi Pemilik Bisnis Online

Bisnis online memang berbeda dengan bisnis pada umumnya. Karena selain produk yang dijual tidak bisa disentuh langsung oleh pelanggan, promosi juga dilakukan secara online. Pebisnis online ini tentu harus memiliki keahlian yang tidak jauh berbeda dengan pebisnis lainnya. Kalau menurut kamu, pemilik bisnis online itu harus punya keahlian apa saja sih supaya bisa sukses?

1. Kamu gak harus punya keahlian di bidang IT, kamu hanya harus terus BELAJAR

Bisnis online memang gak bisa dipisahkan dari yang namanya teknologi. Karena hampir semua aktivitas yang dilakukan secara online melibatkan teknologi, mulai dari website, hosting, smartphone hingga sosial media. Tapi tidak semua orang yang berbisnis online harus memiliki dan menguasai keahlian di bidang IT, termasuk programmer ataupun desainer untuk website dan media promosi bisnis yang digunakan.

Kebanyakan para pebisnis online ini adalah mereka yang memang tidak memiliki keahlian khusus di bidang IT. Mereka hanya memiliki niat dan keinginan besar untuk berbisnis. Tanpa modal besar dan keahlian IT yang hebat, siapapun bisa mendirikan bisnis onlne ini. Seperti halnya Venita Daben yang notabennya merupakan lulusan dari Ilmu politik, memberanikan diri untuk menitih karir dan usaha di bisnis online.

Berbekal keahlian membuat kue dan memiliki koneksi yang luas, ia akhirnya sukses berbisnis online cupcake, minilovebites.com hingga saat ini. 🙂 Jangan takut untuk tidak bisa sukses berbisnis online. Karena kamu yang tidak memiliki keahlian IT juga bisa lo jadi pebisnis online sukses.

2. Keahlian komunikasi wajib kamu miliki, karena kamu akan berkomunikasi dengan banyak orang

Kalau kamu sadar tidak punya keahlian di bidang IT, yang wajib kamu miliki adalah keahlian komunikasi dengan orang lain. Bisnis online dan bisnis apapun memang mengharuskan kamu untuk bisa berkomunikasi dengan baik dengan siapa saja. Karena kamu akan melayani berbagai pertanyaan seputar toko dan produk yang kamu jual.

Baca juga:  Cara Berniaga Seperti Rasul

Apalagi bisnis online tidak memberikan kamu waktu banyak untuk bertatap muka langsung dengan pelanggan. Media sosial adalah salah satu media untuk kamu berkomunikasi dengan mereka. Kecakapan kamu membalas pertanyaan mereka dan kesabaran kamu menjawab permintaan mereka harus kamu miliki.

Menurut Baktyar pemilik Egistore.com, pemilik bisnis baik online ataupun offline wajib memiliki keahlian komunikasi. Baginya kita harus bisa berkomunikasi dengan efektif dengan pelanggan luas. Beruntung sekali ia merupakan anak komunikasi di universitasnya kini. Sehingga ia memiliki peluang besar untuk belajar berkomunikasi dengan orang banyak termasuk pelanggan.

3. Karena bisnis kamu di bidang online, Kamu harus JAGO men-display product hingga mempromosikannya

Bisnis online memang memiliki tempat untuk mendisplay produk dan mempromosikannya di media online, seperti website hingga sosial media. Keahlian lainnya yang harus kita miliki adalah kemampuan untuk mendisplay produk dengan baik di website dan sosial media hingga mempromosikannya. Mulai dari mengambil gambar dengan kamera, mengeditnya, memberikan deskripsi dan detail lainnya, hingga mempromosikan di website, sosial media hingga marketplace.

Pembeli akan menyukai gambar yang menarik, tidak dibuat – buat dan bahkan terlihat hampir menyerupai wujud aslinya. Kalau kamu mengedit foto produk terlalu berlebihan, pelanggan malah akan merasa itu bukanlah yang asli. Dan mereka tidak akan percaya lagi.

Menurut Hanny Yovita, pemilik bisnis online selain harus pintar berkomunikasi jelas harus punya sedikit keahlian untuk mendisplay produk dengan sangat baik, begitu juga dengan usaha promosi kamu di media online.

4. Kamu harus terus jadi orang yang kreatif, agar toko onlinemu terus dikenal dan dicari orang

Kamu juga harus terus menjadi orang yang kreatif. Selain untuk mengedit foto produk kamu, kamu juga harus bisa sekreatif mungkin mendesain halaman website, sosial media, bahkan membuat tampilan dari packaging produk yang unik. Keunikan packing ini akan membuat pelanggan dengan mudah mengingat bisnis online kita dan mau untuk kembali lagi.

Baca juga:  Lupakan SEO & Segera Buka Toko

Selain dari kualitas produk, kita juga harus mengoptimasi dan memaksimalkan dari segi lainnya. Mulai dari logo, desain website, desain packaging dan bahkan desain souvenir dan voucher diskon untuk pelanggan. Kreatif bisa dibilang harga mati untuk pebisnis online. Karena jika tidak kreatif, kita bisa dengan mudah tergeser oleh pesaing yang jauh lebih kreatif dan baik dari kita.

5. Konsistensi juga harus kamu pelihara dengan sangat baik, agar visimu tercapai

Buat kamu yang ingin punya bisnis super panjang umur dan sukses terus, jangan mudah menyerah. Konsistensi kamu terhadap mimpi dan harapan terus dipertanyakan oleh keadaan. Merasa lelah dan kadang ingin sekali berhenti pasti wajar, tapi konsistensi kamu terhadap niat harus jauh lebih besar dari keinginan untuk berhenti.

Karena bisnis online sudah sangat dimudahkan mulai dari menjual produk orang lain atau reseller, promosi yang murah di sosial media sampai pengiriman yang mudah dengan menggunakan jasa pengiriman. Seperti gak ada istilah menyerah untuk menjadi pebisnis online yang sukses.

Inilah yang ditekankan oleh Fajar Teguh pemilik Belikulit.com. Berbisnis di usia muda, ia menerapkan prinsip dan memiliki konsekuensi yang kuat untuk bisnisnya. Hingga membuatnya bisa terus mengembangkan bisnisnya sampai saat ini. Baginya Konsistensi harus terus dijaga agar visi dan cita – cita dalam bisnis bisa tercapai.

Nah, kamu yang ga jago banget mengoperasikan komputer, bahkan ga punya latar belakang dunia IT, gak perlu berkecil hati. Peluang kamu untuk sukses di bisnis online terus terbuka lebar. Karena bisnis online bukan hanya tentang teknologi, tapi tentang kreativitas, keinginan dan mimpi besar kamu untuk sukses 🙂

Jangan menyerah ya!

Sumber: http://mediabisnisonline.com/keahlian-ini-yang-harus-kamu-miliki-sebagai-pemilik-bisnis-online/

TDA Balikpapan

TDA Balikpapan adalah komunitas pengusaha yang berada di Kota Balikpapan. Beranggotakan mulai dari pengusaha kawakan, pengusaha amatiran, pencari usaha, karyawan dan pengangguran. Siapa saja yang punya komitment untuk maju dan sukses bersama-sama bisa bergabung di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *