10 Cara “Aneh” untuk Meningkatkan Produktivitas

Setidaknya, ada 10 cara yang tidak biasa jika anda ingin meningkatkan produktivitas. 10 cara tersebut sebagai berikut:

1. Berhenti Melakukan Multitasking.

Kinerja otak yang cenderung bekerja sekuensial tidak memungkinkan untuk melakukan multitasking. Jika anda paksakan untuk melakukan multitasking, akan menurunkan produktivitas anda sebesar 40%.

2. Tidur Yang Cukup.

Tidur yang cukup di anjurkan antara 6,5 – 7 jam. Kehilangan waktu tidur selama 1,5 jam dapat menurunkan kewaspadaan sampai 32%.

3. Siapkan Snack

Saat bekerja ada baiknya anda menyiapkan snack yang sehat. Snack yang sehat dapat meningkatkan produktivitas anda hingga 20%.

4. Hindari Sosial Media

Jika anda maniak sosial media saat bekerja, mulai saat ini kurangi jatah interaksi anda dengan dunia maya. Termasuk browsing-browsing hal yang tidak begitu penting. Karena hal ini akan menurunkan produktivitas anda saat bekerja.

5. Cobalah Untuk Berkebun

Berkebun di sini tidak harus pergi ke kebun. Tetapi cobalah untuk menanam beberapa tanaman. Atau jika tidak memungkinkan rawatlah tanaman dengan menggunakan pot di sekitar anda. Karena manfaat berkebun ini sangat baik. Kegiatan ini dapat meningkatkan produktivitas anda hingga 38%, kreativitas hingga 54% dan tentunya kesegaran anda hingga 47%.

6. Cobalah Teknik POMODORO

Teknik Pomodoro adalah teknik mengatur waktu antara bekerja dengan istirahat. Misalnya, anda bisa bekerja selama 25 menit dan istirahat selama 5 menit. Berdasarkan penelitian, setelah melakukan 4 kali teknik Pomodoro ini 86% pekerja sepakat jika teknik ini dapat meningkatkan produktivitas.

7. Cahaya Yang Cukup

Upayakan tempat kerja anda memiliki pasokan cahaya yang cukup. Lebih baik lagi jika cahayanya berasal dari sinar matahari. Karena terbukti, pasokan cahaya yang cukup ini akan meningkatkan produktivitas sebesar 15%.

Baca juga:  24 Mindset Entrepreneur Sukses yang Harus Anda Miliki

8. Mengunyah Permen Karet

Jika anda hobi mengunyah permen karet, maka cobalah untuk mengunyah permen karet sambil bekerja. Karena terbukti mengunyah permen karet akan menghilangkan stress sebanyak 10%.

9. Mendengarkan Musik

Dengarkanlah musik atau lagu-lagu yang anda sukai. Terserah musik dengan genre apa saja. Karena mendengarkan musi ini dapat meningkatkan konsentrasi anda selama 15 sampai 30 menit.

10. Mencium Aroma Lemon

Ruangan yang memiliki aroma tertentu dapat mengurangi kesalahan karena kurang fokus. Aroma lemon dapat mengurangi kesalahan sebesar 54%, aroma melati sebesar 33% dan aroma lavender sebesar 20%.

Demikian 10 cara yang agak aneh dalam meningkatkan produktivitas.

Semoga bermanfaat.

SumberĀ https://www.youtube.com/watch?v=sNeF2rlbPf0

TDA Balikpapan

TDA Balikpapan adalah komunitas pengusaha yang berada di Kota Balikpapan. Beranggotakan mulai dari pengusaha kawakan, pengusaha amatiran, pencari usaha, karyawan dan pengangguran. Siapa saja yang punya komitment untuk maju dan sukses bersama-sama bisa bergabung di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *